Cari Istri. Cari Calon Istri. Cari Jodoh Muslimah Sholehah


Setiap orang idealnya menginginkan pasangan yang awet hingga akhir hayatnya. Untuk mencari pasangan hidup maka banyak pertimbangan yang biasanya menyertai pilihan seseorang dalam memutuskan siapa calon pendamping hidupnya kelak. Bagi kaum pria, terutama pria muslim dalam hal cari calon istri tentunya mengidamkan perempuan yang cantik lahir dan batin. Tak sekedar mencari yang enak dipandang mata, namun juga harus pandai – pandai cari jodoh istri sholehah yang mau menemani dalam suka maupun duka.

 

Bagaimana kriteria cari istri yang baik dan benar dalam Islam? Sebagai agama yang sempurna, Islam juga memberikan tuntunan bagi umatnya dalam hal perjodohan. Bagi kaum laki – laki ada beberapa kriteria tertentu pada perempuan yang ideal untuk dinikahi. Tentunya Anda ingin cari calon istri yang sesuai dengan selera sekaligus memiliki kriteria yang masuk dalam kriteria ideal seorang perempuan yang baik untuk dinikahi dalam tuntunan Islam.

 

Sebelum sampai pada jenjang pernikahan, ada satu tahapan yang diatur oleh agama untuk dilakukan. Yakni khitbah alias masa meminang. Pada masa ini biasanya di anjurkan setiap calon suami untuk melihat secara jelas calon isterinya. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda , lihatlah calon isterimu, karena ia akan mengundang kelanggengan kalian berdua. Dengan demikian setelah Anda mendapatkan kriteria sang calon istri maka perhatikan baik – baik bagaimana rupa calon anda.

 

Pada jaman dahulu, kegiatan khitbah ini ditafsirkan hanya untuk sekedar melihat rupa calon pasangan, yakni melihat wajah dan telapak tangannya. Namun saat ini ada pemahaman baru dalam rangka cari jodoh istri sholehah maka diperlukan pengenalan lebih lanjut seperti bertukar pikiran atau bercakap – cakap. Tentunya kegiatan tersebut berlangsung dengan adanya pendamping dari kedua belah pihak.

 

 

Dengan demikian kegiatan cari istri dalam konteks Islam saat ini telah lebih terbuka. Namun tetap masih dalam koridor tertentu yang telah di tetapkan. Cari calon istri pun tidak bisa sembarangan. Bila hanya sekedar melihat rupa, maka hal tersebut dikhawatirkan semata – mata menuju pada kesenangan duniawi semata. Namun dengan saling mengenal lebih jauh dengan bercakap – cakap dan bertukar pikiran maka sang pencari jodoh nantinya bisa mengukur bagaimana kriteria perempuan yang sedang dinilainya apakah sesuai dengan kriteria yang di inginkan dalam cari jodoh istri sholehah.

 

Nantinya diharapkan dari kecocokan secara fisik dan kecocokan dalam bertukar pikiran akan timbul rasa cinta kasih antara kedua belah pihak. Jika terjalin hubungan cinta sebelum dilangsungkannya pernikahan tentunya merupakan hal yang positif, agama pun tidak melarangnya, kecuali hingga terjadi hal – hal yang di luar koridor yang telah ditetapkan. Diharapkan cinta yang muncul dari ajang cari istri secara islami ini bisa memperkuat pondasi rumah tangga dan tentunya melanggengkan perkawinan.

 

Pentingnya cari jodoh istri sholehah dalam berumah tangga sangat ditekankan dalam Islam. Seorang perempuan dinikahi karena 4 hal yang ada pada dirinya. Yakni karena kecantikannya, hartanya, keturunannya, atau karena agamanya. Dari empat kriteria perempuan tersebut yang paling ideal bagi anda yang sedang cari calon istri adalah menikahi perempuan yang baik dan kuat agamanya. Mengapa demikian?

 

Karena seorang istri nantinya akan membantu Anda hingga akhir hayat, kecantikan akan memudar, harta bisa habis, keturunan hanya berupa sejarah dan belum tentu menggambarkan masa depan. Namun pemahaman agama yang kuat nantinya akan mempengaruhi keselamatan rumah tangga dunia dan akhirat. Oleh karena itu cari jodoh istri sholehah lebih penting dari pada kriteria apapun.